Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada saat pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mempawah, guru kurang
menerapkan metode yang bervariasi sehingga peserta didik aktif . Tujuan
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII pada kelas kontrol yang tidak
diterapkan metode role playing, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen setelah
diterapkannya metode role playing, untuk menganalisis perbedaan yang
signifikan diterapkannya metode role playing terhadap hasil belajar mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain
quasy experimental design (eksperimen semu). Bentuk penelitian yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan desain
nonequivalent control group design. Didalam desain ini, penelitian menggunakan
satu kelompok eksperimen dengan kelompok pembanding dan diawali dengan
sebuah tes awal (pre-test) yang diberikan kepada kedua kelompok, kemudian
diberi perlakuan (treatment). Penelitian kemudian diakhiri dengan sebuah tes
akhir (post-test) yang diberikan kepada kedua kelompok.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut : 1)Hasil
belajar peserta didik kelas VII B (kelas kontrol) MTs Negeri 2 Mempawah
menggunakan metode konvensional (media buku lks, diskusi dan ceramah) pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Umayyah Sebagai
Pelopor Peradaban Islam, diperoleh hasil rata-rata pre-test = 45,63 dan rata-rata
post-test = 51,90, nilai minimum pre-test =26, nilai minimum post-test = 33, nilai
maksimum pre-test = 66, nilai maksimum post-test = 66. 2)Hasil belajar peserta
didik kelas VII D (kelas eksperimen) MTs Negeri 2 Mempawah menggunakan
metode role playing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi
Dinasti Umayyah Sebagai Pelopor Peradaban Islam, diperoleh hasil rata-rata pretest = 46,10 dan rata-rata post-test = 82,33, nilai minimum pre-test =20, nilai
minimum post-test = 66, nilai maksimum pre-test = 66, nilai maksimum post-test
= 93. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam materi Dinasti Umayyah Sebagai Pelopor Peradaban Islam kelas VII MTs
Negeri 2 Mempawah.