PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma’ruf, Ma’ruf
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Kalsum, Ummi
dc.date.accessioned 2023-10-20T07:42:38Z
dc.date.available 2023-10-20T07:42:38Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4076
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada saat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mempawah, guru kurang menerapkan metode yang bervariasi sehingga peserta didik aktif . Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII pada kelas kontrol yang tidak diterapkan metode role playing, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen setelah diterapkannya metode role playing, untuk menganalisis perbedaan yang signifikan diterapkannya metode role playing terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain quasy experimental design (eksperimen semu). Bentuk penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Didalam desain ini, penelitian menggunakan satu kelompok eksperimen dengan kelompok pembanding dan diawali dengan sebuah tes awal (pre-test) yang diberikan kepada kedua kelompok, kemudian diberi perlakuan (treatment). Penelitian kemudian diakhiri dengan sebuah tes akhir (post-test) yang diberikan kepada kedua kelompok. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut : 1)Hasil belajar peserta didik kelas VII B (kelas kontrol) MTs Negeri 2 Mempawah menggunakan metode konvensional (media buku lks, diskusi dan ceramah) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Umayyah Sebagai Pelopor Peradaban Islam, diperoleh hasil rata-rata pre-test = 45,63 dan rata-rata post-test = 51,90, nilai minimum pre-test =26, nilai minimum post-test = 33, nilai maksimum pre-test = 66, nilai maksimum post-test = 66. 2)Hasil belajar peserta didik kelas VII D (kelas eksperimen) MTs Negeri 2 Mempawah menggunakan metode role playing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Umayyah Sebagai Pelopor Peradaban Islam, diperoleh hasil rata-rata pretest = 46,10 dan rata-rata post-test = 82,33, nilai minimum pre-test =20, nilai minimum post-test = 66, nilai maksimum pre-test = 66, nilai maksimum post-test = 93. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Umayyah Sebagai Pelopor Peradaban Islam kelas VII MTs Negeri 2 Mempawah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.title PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEMPAWAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account