Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI
dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa
kesulitan untuk mengingat materi. Dugaan sementara hal ini disebabkan
karena strategi yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan
pembelajaran di kelas XI terkhususnya MIPA 1 MAN 1 Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi
pembelajaran mind mapping yang digunakan guru dalam pembelajaran SKI
pada kelas XI di MAN 1 Pontianak dan 2) Bagaimana hasil belajar peserta
didik setelah penggunaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mata
pelajaran SKI dilakukan pada kelas XI di MAN 1 Pontianak serta 3) Apakah
terdapat pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran mind mapping
terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas XI di MAN 1 Pontianak.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian Uji T-test
Sample Independent atau biasa disebut Uji T. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Angket (Kuesioner), dan 3) Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut, bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menggunakan strategi
pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa
menggunakan strategi pembelajaran mind mapping, hal ini terlihat dari ratarata nilai yang diterapkan strategi pembelajaran mind mapping adalah sebesar
8 8.22 sedangkan rata-rata nilai yang tidak diterapkan strategi pembelajaran
mind mapping adalah sebesar 83.21. berdasarkan hasil analisis data dengan
perhitungan program SPSS versi 22.0 for windows hasil Uji t sample
Independent tanpa asumsi kesamaan varians, didapatkan nilai t sebesar 4.557
dengan signifikansi mendekati nilai 0. Dengan tingkat signifikansi 5%, ini
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang
menggunakan strategi mind mapping ketimbang jika tidak menggunakannya.
Maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengarauh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil pelajaran mata
pelajaran SKI kelas XI di MAN 1 Pontianak tahun ajaran 2021-2022.