PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abdillah, Zulkifli
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Natania, Tiara
dc.date.accessioned 2023-10-20T03:07:47Z
dc.date.available 2023-10-20T03:07:47Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4072
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi. Dugaan sementara hal ini disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran di kelas XI terkhususnya MIPA 1 MAN 1 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi pembelajaran mind mapping yang digunakan guru dalam pembelajaran SKI pada kelas XI di MAN 1 Pontianak dan 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penggunaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mata pelajaran SKI dilakukan pada kelas XI di MAN 1 Pontianak serta 3) Apakah terdapat pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas XI di MAN 1 Pontianak. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian Uji T-test Sample Independent atau biasa disebut Uji T. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Angket (Kuesioner), dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan strategi pembelajaran mind mapping, hal ini terlihat dari ratarata nilai yang diterapkan strategi pembelajaran mind mapping adalah sebesar 8 8.22 sedangkan rata-rata nilai yang tidak diterapkan strategi pembelajaran mind mapping adalah sebesar 83.21. berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS versi 22.0 for windows hasil Uji t sample Independent tanpa asumsi kesamaan varians, didapatkan nilai t sebesar 4.557 dengan signifikansi mendekati nilai 0. Dengan tingkat signifikansi 5%, ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan strategi mind mapping ketimbang jika tidak menggunakannya. Maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengarauh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil pelajaran mata pelajaran SKI kelas XI di MAN 1 Pontianak tahun ajaran 2021-2022. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Mind Mapping en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021-2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account