Abstract:
Latar belakang dalam penelitian ini secara umum telah ada metode yang
digunakan guru dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ar-Raudhatul Islamiyah.
Metode yang digunakan seperti metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan
mendeskripsikan: 1) metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits
pada siswa Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul Islamiyah di Peniti Luar, 2)
problematika yang dihadapi guru Al-Qur’an Hadits dalam melaksanakan metode
pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul
Islamiyah di Peniti Luar.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatakan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru mata pelajaran Quran Hadis dan Kepala Madrasah.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa:
1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-qur’an hadits adalah: a) Metode
ceramah yaitu cara menyampaikan sebuah materi pelajaran secara lisan dengan
maksud memberitahu, menjelaskan, dan menerangkan. b) metode tanya jawab yaitu
suatu cara dalam kegiatan belajar mengajar melalui tanya jawab, seperti guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa atau siswa diberikan kesempatan
untuk bertanya kepada guru pada saat pelajaran dimulai atau pada akhir pelajaran.
c) Metode diskusi yaitu sebuah cara yang dilakukan oleh siswa mempelajari bahan
atau menyampaikan materi dengan jalan mendiskusikannya agar mudah dipahami
oleh siswa karena mereka mengikuti proses berfikir, 2) Problematika yang dihadapi
guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul Islamiyah di Peniti Luar
adalah: a) Masih ada beberapa siswa yang belum mahir dalam menghafal ayat Alqur’an, b) Tingkat kecepatan menghafal siswa yang berbeda-beda, c) Kurangnya
kemampuan siswa dalam memahami kaidah ilmu tajwid.