METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH AR-RAUDHATUL ISLAMIYAH PENITI LUAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Rohadi, Tedi
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:51:40Z
dc.date.available 2023-10-20T02:51:40Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4070
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini secara umum telah ada metode yang digunakan guru dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ar-Raudhatul Islamiyah. Metode yang digunakan seperti metode ceramah, metode diskusi dan tanya jawab. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mendeskripsikan: 1) metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul Islamiyah di Peniti Luar, 2) problematika yang dihadapi guru Al-Qur’an Hadits dalam melaksanakan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul Islamiyah di Peniti Luar. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Quran Hadis dan Kepala Madrasah. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-qur’an hadits adalah: a) Metode ceramah yaitu cara menyampaikan sebuah materi pelajaran secara lisan dengan maksud memberitahu, menjelaskan, dan menerangkan. b) metode tanya jawab yaitu suatu cara dalam kegiatan belajar mengajar melalui tanya jawab, seperti guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa atau siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada guru pada saat pelajaran dimulai atau pada akhir pelajaran. c) Metode diskusi yaitu sebuah cara yang dilakukan oleh siswa mempelajari bahan atau menyampaikan materi dengan jalan mendiskusikannya agar mudah dipahami oleh siswa karena mereka mengikuti proses berfikir, 2) Problematika yang dihadapi guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Ar-Raudhatul Islamiyah di Peniti Luar adalah: a) Masih ada beberapa siswa yang belum mahir dalam menghafal ayat Alqur’an, b) Tingkat kecepatan menghafal siswa yang berbeda-beda, c) Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami kaidah ilmu tajwid. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits en_US
dc.title METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH AR-RAUDHATUL ISLAMIYAH PENITI LUAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account