Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) bagaimana
hasil belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Video Comment dan Strategi
Index Card Match pada mata pelajaran fiqih Siswa Kelas IX Mts Ma’arif NU
Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) bagaimanakah langkah-langkah
penerapan Strategi Video Comment dan Strategi Index Card Match Pada Mata
Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX Mts Ma’arif NU Kapuas Hulu Tahun Pelajaran
2022/2023, 3) bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan Strategi Video
Comment dan Strategi Index Card Match Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas
IX Mts Ma’arif NU Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023, 4) peningkatan
hasil belajar siswa setelah menerapkan Strategi Video Comment dan Strategi Index
Card Match Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX Mts Ma’arif NU Kapuas
Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif dan
jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan PTK model
hopkins. Lokasi penelitian di MTs Ma’arif NU Kapuas Hulu. Teknik dan alat
pengumpulan data berupa observasi menggunakan lembar observasi,
dokumentasi, dan pengukuran berupa tes essay. Teknik analisis data
menggunakan analisis data statistik.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar siswa sebelum menerapkan Strategi
Video Comment dan Strategi Index Card Match dengan rata-rata kelas hanya
sebesar 65,23 sebanyak 8 (36,37) siswa yang mencapai KKM 75 dan 14 (63,63)
siswa tidak mencapai KKM 75. 2) langkah-langkah penerapan Strategi Video
Comment dan Strategi Index Card Match sudah benar dilakukan pada siklus II dan
siklus III, 3) hasil belajar siswa setelah penerapan Strategi Video Comment dan
Strategi Index Card Match dengan rata-rata kelas siklus I sebesar 67,13 sebanyak
8 siswa tuntas KKM 75 14 siswa tidak tuntas KKM 75, siklus II sebesar 78,18
sebanyak 14 siswa tuntas KKM 75 8 siswa tidak tuntas KKM 75, dan siklus III
sebesar 88,63 sebanyak 22 siswa tuntas KKM 75 0 siswa tidak tuntas KKM 75, 4)
peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 1,9, siklus I ke siklus II sebesar
11,05, dan siklus II ke siklus III sebesar 10,45.