Abstract:
Berdasarkan permasalahan yang didapat sebanyak 16 peserta didik dari 23
peserta didik yang ada atau dengan persentase sebesar 69,56% peserta didik yang
nilainya tidak melampaui batas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mendeskripsikan penerapan strategi video comment di kelas VIII, 2) menganalisis
hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan strategi video
comment, 3) mendeskripsikan pengaruh strategi video comment terhadap hasil
belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Pontianak. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen (berbasis kelas).
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 6 Pontianak yang
berjumlah 207 peserta didik, dengan sampel 2 kelas VIII F sebagai kelas
eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.
Teknik analisis data dengan uji Kolmogrov Smirnov, Uji Leven’s Test dan Uji
Regresi Linier Sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan strategi video comment dilakukan secara sistematis sesuai dengan
lembar observasi dengan perolehan nilai 100, 2) Hasil belajar peserta didik pada
kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 41,2 pada soal pre-test dan rata-rata nilai
53,6 pada soal post-test, dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 45,65
pada soal pre-test dan rata-rata nilai 94,35 pada soal post-test,3) Hasil analisis posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 94,35, dan rata-rata kelas kontrol yaitu 53,6
diketahui bahwa nilai F hitung 144,8 > F tabel yaitu 4,06 dan taraf signifikansi 0,00
< 0,05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa H0 Ditolak dan HA Diterima. Dapat
disimpulkan bahwa strategi video comment secara signifikan berpengaruh terhadap
hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Pontianak.