PENGARUH STRATEGI VIDEO COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Rudi, Rudi
dc.date.accessioned 2023-10-20T01:27:04Z
dc.date.available 2023-10-20T01:27:04Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4060
dc.description.abstract Berdasarkan permasalahan yang didapat sebanyak 16 peserta didik dari 23 peserta didik yang ada atau dengan persentase sebesar 69,56% peserta didik yang nilainya tidak melampaui batas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan strategi video comment di kelas VIII, 2) menganalisis hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan strategi video comment, 3) mendeskripsikan pengaruh strategi video comment terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen (berbasis kelas). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 6 Pontianak yang berjumlah 207 peserta didik, dengan sampel 2 kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dengan uji Kolmogrov Smirnov, Uji Leven’s Test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi video comment dilakukan secara sistematis sesuai dengan lembar observasi dengan perolehan nilai 100, 2) Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 41,2 pada soal pre-test dan rata-rata nilai 53,6 pada soal post-test, dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 45,65 pada soal pre-test dan rata-rata nilai 94,35 pada soal post-test,3) Hasil analisis posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 94,35, dan rata-rata kelas kontrol yaitu 53,6 diketahui bahwa nilai F hitung 144,8 > F tabel yaitu 4,06 dan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa H0 Ditolak dan HA Diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi video comment secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Video Comment en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI VIDEO COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account