Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Rahmah Sekadau yang diduga oleh
beberapa faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran, dan dalam
penelitian ini dipilih model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing
untuk diterapkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
1) Hasil belajar siswa pada pelajaran SKI Kelas VIII tanpa menggunakan model
pembelajaran pembelajaran cooperative tipe snowball throwing, 2) Hasil belajar
siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VIII dengan model pembelajaran
cooperative tipe snowball throwing, 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran
cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Rahmah Sekadau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
experimental design yaitu nonequivalent control group design. Penelitian
dilaksanakan di MTs Al-Rahmah Sekadau dan sumber datanya adalah siswa kelas
VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik tes, teknik
observasi dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah soal tes
(pretest-posttest), lembar observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI metode ceramah sebesar
74,33; 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan model pembelajaran
cooperative tipe snowball throwing sebesar 79,99; 3) Terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VIII Materi Peradaban Islam
Pada Masa Daulah Ayyubiyah yang dibuktikan dengan hasil uji statistik pada
penelitian ini diperoleh nilai Thitung = 2,928 dan Ttabel = 1,67 yang artinya Thitung >
Ttabel maka Ha diterima dengan nilai koefisien korelasi (R) 0,521 yang artinya
hubungan antara model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing
terhadap hasil belajar cukup kuat dan berpengaruh (R Square) sebesar 27,1% dan
sisanya 72,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti (diluar variabel
penelitian).