PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-RAHMAH SEKADAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Mahizah, Rosni
dc.date.accessioned 2023-10-20T01:02:20Z
dc.date.available 2023-10-20T01:02:20Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4058
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Al-Rahmah Sekadau yang diduga oleh beberapa faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran, dan dalam penelitian ini dipilih model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing untuk diterapkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa pada pelajaran SKI Kelas VIII tanpa menggunakan model pembelajaran pembelajaran cooperative tipe snowball throwing, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VIII dengan model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing, 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Rahmah Sekadau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental design yaitu nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Rahmah Sekadau dan sumber datanya adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi dengan alat pengumpulan data adalah soal tes (pretest-posttest), lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI metode ceramah sebesar 74,33; 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing sebesar 79,99; 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VIII Materi Peradaban Islam Pada Masa Daulah Ayyubiyah yang dibuktikan dengan hasil uji statistik pada penelitian ini diperoleh nilai Thitung = 2,928 dan Ttabel = 1,67 yang artinya Thitung > Ttabel maka Ha diterima dengan nilai koefisien korelasi (R) 0,521 yang artinya hubungan antara model pembelajaran cooperative tipe snowball throwing terhadap hasil belajar cukup kuat dan berpengaruh (R Square) sebesar 27,1% dan sisanya 72,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti (diluar variabel penelitian). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Snowball Throwing en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-RAHMAH SEKADAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account