Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) untuk
mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Mujahidin Pontianak,
2)untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas IX
di MTs Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data
penelitian ini terdiri dari ini terdiri dari sumber primer dan sekunder,
yaitu 1). Sumber primer dalam penelitian ini adalah guru mata
pelajaran Al-Qur’an hadist dan siswa kelas IX MTs Mujahidin
Pontianak, 2) data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dokumentasi jumlah siswa, jumlah guru, dan sarana
prasarana. Teknik yang digunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalaah reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data adalah ketekunan pengamatan dan Member chek.
Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa 1) Peran guru Al-Qur’an Hadits sebagai
pembimbing pertama guru mewajibkan siswa untuk membaca AlQur’an sebelum pembelajaran dimulai, kedua jika siswa belum bisa
membaca Al-Qur’an siswa diajarkan secara privat oleh guru
dikantor, dan ketiga guru memberikan contoh bagaimana membaca
Al-Qur’an dengan baik. 2) Peran guru Al-Qur’an Hadist sebagai
motivator bertanggung jawab memberikan dorongan berupa
penguatan verbal ini berupa pujian atas keberhasilan siswa dan
memberikan memberikan motivasi berupa pentingnya mempelajari
Al-Qur’an dan kisah inspiratif kisah tauladan tentang kemualian
orang membaca Al-Qur’an. 3)Peran dalam sebagai evaluator berupa
penilain ada tiga yang pertama kognitif, yang kedua efektif, yang
ketiga psikomotorik. 4) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa
kelas IX di MTs Mujahidin Pontianak yang terdiri dari kelas IX A
dan IX B dengan jumlah siswa 34 siswa yaitu sebagian besar siswa
bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, akan tetapi ada
beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an.