Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang dialami peserta
didik yang cenderung pasif dalam belajar, sehingga membutuhkan guru
untuk melakukan variasi gaya mengajar yang tepat. Variasi gaya mengajar
dianggap dapat memberikan pengaruh pada keaktifan belajar siswa pada
proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)
Variasi gaya mengajar guru pada Mata Pelajaran SKI di MI Al-Falah
Sepauk Kabupaten Sintang; 2) Keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran
SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang; 3) Pengaruh variasi gaya
mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di
MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian Expost facto. Populasi penelitian berjumlah 56 orang, dan teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya
peneliti menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS
Statistics 20.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Variasi gaya mengajar guru pada mata pelajaran
SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang dengan hasil penelitian yang
telah didapatkan peneliti dengan persentase 82% yang termasuk dalam
kategori “sangat baik” untuk variasi gaya mengajar; 2) Keaktifan belajar
siswa pada mata pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang
dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase
79% yang termasuk dalam kategori “baik” untuk keaktifan belajar siswa. 3)
Berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji regresi linear sederhana
adalah nilai signifikansi dari table ANOVAb diperoleh nilai sebesar 0.000 <
0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Variasi Gaya Mengajar Guru (X)
berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y). Adapun hasil yang
diperoleh dengan diberlakukannya variasi gaya mengajar guru pada saat
proses pembelajaran berlangsung, siswa merasa pembelajaran menjadi lebih
bervariasi dan tidak monoton sehingga dapat mempengaruhi antusias dan
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk
Kabupaten Sintang.