PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI AL-FALAH SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Septianawaty, Desty
dc.contributor.author Lestari, Nurrahmi Widya
dc.date.accessioned 2023-10-19T02:18:42Z
dc.date.available 2023-10-19T02:18:42Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4047
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang dialami peserta didik yang cenderung pasif dalam belajar, sehingga membutuhkan guru untuk melakukan variasi gaya mengajar yang tepat. Variasi gaya mengajar dianggap dapat memberikan pengaruh pada keaktifan belajar siswa pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Variasi gaya mengajar guru pada Mata Pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang; 2) Keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang; 3) Pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Expost facto. Populasi penelitian berjumlah 56 orang, dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics 20. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Variasi gaya mengajar guru pada mata pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 82% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” untuk variasi gaya mengajar; 2) Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 79% yang termasuk dalam kategori “baik” untuk keaktifan belajar siswa. 3) Berdasarkan pengambilan keputusan dalam uji regresi linear sederhana adalah nilai signifikansi dari table ANOVAb diperoleh nilai sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Variasi Gaya Mengajar Guru (X) berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Y). Adapun hasil yang diperoleh dengan diberlakukannya variasi gaya mengajar guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa merasa pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton sehingga dapat mempengaruhi antusias dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Al-Falah Sepauk Kabupaten Sintang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Variasi Gaya Mengajar en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI AL-FALAH SEPAUK KABUPATEN SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account