Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Kelas X IPA 2 Di MAN 1 Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Perencanaan strategi pembelajaran, 2)
Pelaksanaan strategi pembelajaran, 3) Evaluasi strategi pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Sumber data yaitu guru sejarah kebudayaan Islam dan peserta didik
dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data melalui reduksi data, data display, dan verifikasi kemudian memeriksa
keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan strategi pembelajaran
yang diterapkan oleh guru mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai, kemampuan peserta didiknya, dan hubungan antara materi ajar dengan
strategi yang dipilih telah sesuai. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran discovery
learning dan metode pembelajaran yang digunakan yakni ceramah, tanya jawab,
dan diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pelaksanaan strategi pembelajaran
discovery learning belum sesuai RPP karena waktu pembelajaran telah habis. 3)
Evaluasi strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sudah cukup baik karena
mengaplikasikan dua teknik yakni penilaian berupa tes lisan dan tes tertulis dengan
melihat nilai peserta didik.