Abstract:
Skripsi ini memiliki dua tujuan: satu, untuk mendeskripsikan program
adiwiyata yang oleh madrasah rancang untuk membangun kesadaran ekofiqh (fiqh
bi’ah) warga sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mempawah Hilir; dua,
untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program
adiwiyata dalam upaya membangun kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah) warga sekolah
di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mempawah Hilir.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Mempawah Hilir. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan
sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan
observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis
data mulai dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan
simpulan/verifikasi. Untuk pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber
dan tehnik serta member check.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh,
dapat disimpulkan bahwa: satu, empat komponen utama program adiwiyata dalam
membangun kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah). Pertama, kebijakan berwawasan
lingkungan dengan perumusan visi dan misi berbasis ekofiqh (fiqh bi’ah); Kedua,
kurikulum berbasis lingkungan dengan memasukkan unsur isu lingkungan dalam
materi pembelajaran; Ketiga, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dengan
membuat rangkaian kegiatan lingkungan seperti bank sampah, ekstrakurikuler
yang terintegrasi dengan lingkungan; Keempat, sarana prasarana ramah
lingkungan dengan terdapat berbagai sarana lingkungan yang terbuat dari bahan
bekas. Dua, faktor pendukung yang ditemukan berasal dari sarana prasarana yang
mendukung serta perumusan visi dan misi yang teringerasi dengan lingkungan,
sedangkan faktor penghambat yang ditemukan yakni keterbatasan pemahaman
mengenai program adiwiyata.