PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN EKOFIQH (FIQH BI'AH) WARGA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Khovivah, Khovivah
dc.date.accessioned 2023-10-19T00:59:54Z
dc.date.available 2023-10-19T00:59:54Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4039
dc.description.abstract Skripsi ini memiliki dua tujuan: satu, untuk mendeskripsikan program adiwiyata yang oleh madrasah rancang untuk membangun kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah) warga sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mempawah Hilir; dua, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program adiwiyata dalam upaya membangun kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah) warga sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mempawah Hilir. Sumber data dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan simpulan/verifikasi. Untuk pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik serta member check. Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: satu, empat komponen utama program adiwiyata dalam membangun kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah). Pertama, kebijakan berwawasan lingkungan dengan perumusan visi dan misi berbasis ekofiqh (fiqh bi’ah); Kedua, kurikulum berbasis lingkungan dengan memasukkan unsur isu lingkungan dalam materi pembelajaran; Ketiga, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dengan membuat rangkaian kegiatan lingkungan seperti bank sampah, ekstrakurikuler yang terintegrasi dengan lingkungan; Keempat, sarana prasarana ramah lingkungan dengan terdapat berbagai sarana lingkungan yang terbuat dari bahan bekas. Dua, faktor pendukung yang ditemukan berasal dari sarana prasarana yang mendukung serta perumusan visi dan misi yang teringerasi dengan lingkungan, sedangkan faktor penghambat yang ditemukan yakni keterbatasan pemahaman mengenai program adiwiyata. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject program adiwiyata en_US
dc.subject kesadaran ekofiqh (fiqh bi’ah) en_US
dc.title PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN EKOFIQH (FIQH BI'AH) WARGA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account