Abstract:
Latar belakang dalam penelitian ini banyak faktor yang mempengaruhi
diantaranya ada siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik,
dalam hal ini upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai
Tebelian sangat diperlukan untuk mengajarkan tentang bahasa Allah yaitu AlQur’an. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan
mendeskripsikan: 1) kemampuan siswa kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an di
SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023 dan
3) hasil kemampuan membaca Al-Qur’an setelah di lakukan upaya pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau disebut
dengan metode riset campur sari (mixed methods). Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan hasil tes kemampuan
siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase untuk mengetahui hasil
tingkat kemampuan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa jika diklasifikasikan yang
lancar dan baik membaca Al-Qur’an yaitu dengan 9 orang siswa. Kemudian ada
14 orang siswa, yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an, 2) Upaya guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an
siswa yaitu dengan membiasakan mereka untuk mengaji atau tadarus di awal
pembelajaran selama 15 menit, mengulang-ulang bacaan dan selalu belajar
mengaji di rumah baik dengan orang tua maupun dengan guru lainnya, kemudian
guru pendidikan agama Islam menggunakan metode iqra’, 3) Hasil kemampuan
rata-rata siswa kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an setelah guru melakukan
upaya terdapat 9 orang siswa yang dikatakan mampu dengan baik dan benar
dalam membaca Al-Qur’an setelah guru melakukan tes membaca Al-Qur’an.