UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Melati, Irma
dc.date.accessioned 2023-10-18T04:06:44Z
dc.date.available 2023-10-18T04:06:44Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4036
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya ada siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, dalam hal ini upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian sangat diperlukan untuk mengajarkan tentang bahasa Allah yaitu AlQur’an. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mendeskripsikan: 1) kemampuan siswa kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023 dan 3) hasil kemampuan membaca Al-Qur’an setelah di lakukan upaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif atau disebut dengan metode riset campur sari (mixed methods). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan hasil tes kemampuan siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase untuk mengetahui hasil tingkat kemampuan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa jika diklasifikasikan yang lancar dan baik membaca Al-Qur’an yaitu dengan 9 orang siswa. Kemudian ada 14 orang siswa, yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an, 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an siswa yaitu dengan membiasakan mereka untuk mengaji atau tadarus di awal pembelajaran selama 15 menit, mengulang-ulang bacaan dan selalu belajar mengaji di rumah baik dengan orang tua maupun dengan guru lainnya, kemudian guru pendidikan agama Islam menggunakan metode iqra’, 3) Hasil kemampuan rata-rata siswa kelas VIII dalam membaca Al-Qur’an setelah guru melakukan upaya terdapat 9 orang siswa yang dikatakan mampu dengan baik dan benar dalam membaca Al-Qur’an setelah guru melakukan tes membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account