Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru
hanya menggunakan metode ceramah saja. karena itu, tujuan penelitian ini untuk
mendapatkan dan mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan
hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada
pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 2) proses
pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus
Syubban Pontianak, 3) observasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di
kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 4) refleksi pembelajaran dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning
pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes.
Teknik analisis data yang berhasil dikumpulkan menggunakan teknik analisis kritis dan
teknik deskriptif komparatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran yang
menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas
VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak pada siklus I dilakukan dengan menyusun RPP
dengan model problem based learning sesuai kurikulum 2013, materi pokok husnudzan
dan tawadhu, menyiapkan alat pengumpul data: lembar observasi aktivitas belajar siswa
dan aktivitas guru, soal tes akhir dan sumber belajar, kemudian siklus II berdasarkan pada
perencanaan siklus I namun menggunakan materi pokok yang berbeda yaitu tasamuh dan
ta'awun. 2) pelaksanaan yang menggunakan model problem based learning pada
pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan, tiap pertemuan
dilakukan selama dua jam pelajaran (2x40 menit), tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran. 3) observasi pembelajaran yang
menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas
VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar
guru sudah tepat sesuai lembar observasi, aktivitas belajar siswa setelah tindakan siklus I
mencapai 57% namun belum optimal dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar
80%, hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 19 siswa atau 48,7% rata-rata kelas 73,5
mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 36 siswa atau 93,3% rata-rata kelas 88,2.
4) refleksi pembelajaran yang menggunakan model problem based learning pada
pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak berdasarkan
kendala pada siklus I suasana kelas kurang kondusif dalam pembentukan kelompok,
siswa tidak berdiskusi, masih takut untuk mempresentasikan hasil diskusi, dilakukan
perbaikan pada siklus II siswa menjadi lebih kondusif dalam kelompok, siswa aktif
berdiskusi dan siswa sudah berani mempersentasikan hasil diskusi mereka. Maka
penelitian dihentikan pada siklus II karena seluruh kriteria sudah tuntas dilaksanakan.