MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.author Aeni, Awaliyah Nur
dc.date.accessioned 2023-10-18T01:34:06Z
dc.date.available 2023-10-18T01:34:06Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4019
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah saja. karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dan mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 2) proses pelaksanaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 3) observasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak, 4) refleksi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang berhasil dikumpulkan menggunakan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran yang menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak pada siklus I dilakukan dengan menyusun RPP dengan model problem based learning sesuai kurikulum 2013, materi pokok husnudzan dan tawadhu, menyiapkan alat pengumpul data: lembar observasi aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, soal tes akhir dan sumber belajar, kemudian siklus II berdasarkan pada perencanaan siklus I namun menggunakan materi pokok yang berbeda yaitu tasamuh dan ta'awun. 2) pelaksanaan yang menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan, tiap pertemuan dilakukan selama dua jam pelajaran (2x40 menit), tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir pembelajaran. 3) observasi pembelajaran yang menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak pada siklus I dan siklus II aktivitas mengajar guru sudah tepat sesuai lembar observasi, aktivitas belajar siswa setelah tindakan siklus I mencapai 57% namun belum optimal dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80%, hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 19 siswa atau 48,7% rata-rata kelas 73,5 mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 36 siswa atau 93,3% rata-rata kelas 88,2. 4) refleksi pembelajaran yang menggunakan model problem based learning pada pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nahdlatus Syubban Pontianak berdasarkan kendala pada siklus I suasana kelas kurang kondusif dalam pembentukan kelompok, siswa tidak berdiskusi, masih takut untuk mempresentasikan hasil diskusi, dilakukan perbaikan pada siklus II siswa menjadi lebih kondusif dalam kelompok, siswa aktif berdiskusi dan siswa sudah berani mempersentasikan hasil diskusi mereka. Maka penelitian dihentikan pada siklus II karena seluruh kriteria sudah tuntas dilaksanakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS NAHDLATUS SYUBBAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account