Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah ingin mendeskripsikan: 1) Untuk
mengetahui internalisasi pendidikan karakter dalam dalam kegiatan awal pada
pembelajaran akidah akhlak; 2) Untuk mengetahui internalisasi pendidikan karakter dalam
dalam kegiatan inti pada pembelajaran akidah akhlak; 3) Untuk mengetahui internalisasi
pendidikan karakter dalam dalam kegiatan akhir pada pembelajaran akidah akhlak; 4)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menginternalisasi
karakter pada pembelajaran akidah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian riset lapangan (field
research) pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Akidah Akhlak MTs
Al- Mustaqim dan Objek penelitiannya adalah Internalisasi Karakter. Dalam
pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisoner
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Internalisasi karakter dalam kegiatan
awal pembelajaran yang tertanam adalah Karakter disiplin, karakter religius, karakter
komunikatif, karakter peduli sosial, karakter bertanggungjawab dan karakter rasa ingin
tahu; 2) Internalisasi karakter dalam kegiatan inti pembelajaran yang tertanam adalah
karakter disiplin, karakter komunikatif, karakter kerja sama dan karakter tanggungjawab;
3) Internalisasi karakter dalam kegiatan akhir pembelajaran yang tertanam adalah karakter
komunikatif, karakter rasa ingin tahu, karakter kerja sama, karakter religius dan karakter
tanggungjawab; 4) Faktor pendukung dalam internalisasi karakter adalah keadaan jasmani
yang kuat, minat dan bakat yang pasti dan lingkungan luar yang positif.