Abstract:
Penelitiaan ini dilatar belakangi adanya masalah peneliti berupa adanya
proses pembelajaran seorang guru bisa membantu siswa dalam mengatasi
kesulitan dalam belajarnya. Oleh karena itu untuk melihat bagaimana
pelaksanaan dalam pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-langkahnya
baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari Penilaian pembelajaran
yang terdapat dalam RPP.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1)
Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di
kelas VIII Madrasah tsanawiyah Mamba’ul Ulum 2) Mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqh di kelas VIII Madrasah
tsanawiyah Mamba’ul Ulum Desa Sungai Asam Tahun Pelajaran 2021/2022.
2) Mendeskripsikan Hasil Penilaian pembelajaran mata pelajaran Fiqh
berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul
Ulum.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
berjenis penelitian lapangan dan sumber data dalam penelitian ini diambil
melaluii data primer berupa observasi dan wawancaraa serta data sekunder
yang berbentuk dokumentasi dan RPP yang dapat digunakan sebagai penguat
dalam pengumpulan data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa
observasi, wawancaraa dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data dalam
hal ini menggunakan triangulasi analisis data.
Berdasarkan analisis yang diperoleh, maka peneliti simpulkan 1.
Perencanaan pembelajaran fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VIII
Pada Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum dilakukan dengan menyusun
RPP, menganalisis kondisi siswa untuk merencanakan langkah-langkah
pembelajaran, memilih media dan sumber belajar, menyusun instrumen
Penilaian berdasarkan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Mata
Pelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VIII pada Madrasah
Tsanawiyah Mamba’ul Ulum tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan
dengan menerapkan pendekatan saintifik melaluii lima langkah yakni,
mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan hasil pembelajaran yang ditemukan melaluii proses diskusi
kelompok, 3. Hasil Penilaian pembelajaran mata pelajaran Fiqh berdasarkan
Kurikulum 2013 di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum. Dalam
tahap Penilaian dilakukan terhadap 3 aspek penilaian yaitu; aspek sikap
meliputi sikap spiritual dan sikap keterampilan dengan teknik pemberian
portofolio dan praktek nilai berbentuk kualitatif.