PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MAMBA’UL ULUM PARIT PERCIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Arif, Arif
dc.date.accessioned 2023-10-18T01:08:53Z
dc.date.available 2023-10-18T01:08:53Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4017
dc.description.abstract Penelitiaan ini dilatar belakangi adanya masalah peneliti berupa adanya proses pembelajaran seorang guru bisa membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam belajarnya. Oleh karena itu untuk melihat bagaimana pelaksanaan dalam pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-langkahnya baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari Penilaian pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VIII Madrasah tsanawiyah Mamba’ul Ulum 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqh di kelas VIII Madrasah tsanawiyah Mamba’ul Ulum Desa Sungai Asam Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan Hasil Penilaian pembelajaran mata pelajaran Fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berjenis penelitian lapangan dan sumber data dalam penelitian ini diambil melaluii data primer berupa observasi dan wawancaraa serta data sekunder yang berbentuk dokumentasi dan RPP yang dapat digunakan sebagai penguat dalam pengumpulan data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancaraa dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data dalam hal ini menggunakan triangulasi analisis data. Berdasarkan analisis yang diperoleh, maka peneliti simpulkan 1. Perencanaan pembelajaran fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VIII Pada Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum dilakukan dengan menyusun RPP, menganalisis kondisi siswa untuk merencanakan langkah-langkah pembelajaran, memilih media dan sumber belajar, menyusun instrumen Penilaian berdasarkan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan saintifik melaluii lima langkah yakni, mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan hasil pembelajaran yang ditemukan melaluii proses diskusi kelompok, 3. Hasil Penilaian pembelajaran mata pelajaran Fiqh berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum. Dalam tahap Penilaian dilakukan terhadap 3 aspek penilaian yaitu; aspek sikap meliputi sikap spiritual dan sikap keterampilan dengan teknik pemberian portofolio dan praktek nilai berbentuk kualitatif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran Fiqh en_US
dc.subject Berdasarkan Kurikulum 2013 en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MAMBA’UL ULUM PARIT PERCIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account