Abstract:
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
Strategi Dalam Meningkatkan Jamaah Melalui Program Pasar
Bahagia Masjid Munzalan Jalan Ampera Pontianak Kota. Dengan
fokus penelitian 1) Strategi promosi dalam meningkatkan jamaah
melalui program pasar bahagia. 2) Sumber daya manusia dalam
meningkatkan jamaah melalui program pasar bahagia. 3) Efektifitas
dalam meningkatkan jamaah melalui program pasar bahagia.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriftif. Adapun sumber data dalam
penelitian ini adalah, data primer dan data sekunder. Sumber data
primer terdiri dari tiga pengurus masjid munzalan dan tiga jamaah
yang ikut serta dalam program pasar bahagia. Sedangkan data
sekunder terdiri dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan
penelitian. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara
dengan pengurus masjid munzalan. Serta peneliti melakukan
observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan alat pendukung
yang dimilki oleh peneliti. Dalam teknis analisis data penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
metode trianggulasi dan member chek.
Berdasarkan hasil penelitian yaitu Strategi Meningkatkan
Jamaah Melalui Program Pasar Bahagia terdiri dari, 1) Strategi
promosi dalam program pasar bahagia yaitu melalui sosial media.
Memberikan belanjaan gratis, memberikan makanan gratis, serta
melalui (direct selling) atau melalui mulut ke mulut. 2) Sumber daya
manusia yaitu dengan cara merencanakan kegiatan, pembagian tugas
kerja, serta pengarahan jamaah. 3) Efektifitas dalam program pasar
bahagia berdasarkan hasil wawancara dan hasil data yang diperoleh
peneliti menunjukkan adanya peningkatan jumlah jamaah setelah
adanya program pasar bahagia.