STRATEGI MENIGKATKAN JAMAAH MELALUI PROGRAM PASAR BAHAGIA MASJID MUNZALAN MUBARAKAN JALAN AMPERA PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Patmawati, Patmawati
dc.contributor.advisor Ilyas, Fitri Susanti
dc.contributor.author Junaidi, Junaidi
dc.date.accessioned 2023-10-16T05:37:36Z
dc.date.available 2023-10-16T05:37:36Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4003
dc.description.abstract Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Dalam Meningkatkan Jamaah Melalui Program Pasar Bahagia Masjid Munzalan Jalan Ampera Pontianak Kota. Dengan fokus penelitian 1) Strategi promosi dalam meningkatkan jamaah melalui program pasar bahagia. 2) Sumber daya manusia dalam meningkatkan jamaah melalui program pasar bahagia. 3) Efektifitas dalam meningkatkan jamaah melalui program pasar bahagia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah, data primer dan data sekunder. Sumber data primer terdiri dari tiga pengurus masjid munzalan dan tiga jamaah yang ikut serta dalam program pasar bahagia. Sedangkan data sekunder terdiri dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara dengan pengurus masjid munzalan. Serta peneliti melakukan observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan alat pendukung yang dimilki oleh peneliti. Dalam teknis analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode trianggulasi dan member chek. Berdasarkan hasil penelitian yaitu Strategi Meningkatkan Jamaah Melalui Program Pasar Bahagia terdiri dari, 1) Strategi promosi dalam program pasar bahagia yaitu melalui sosial media. Memberikan belanjaan gratis, memberikan makanan gratis, serta melalui (direct selling) atau melalui mulut ke mulut. 2) Sumber daya manusia yaitu dengan cara merencanakan kegiatan, pembagian tugas kerja, serta pengarahan jamaah. 3) Efektifitas dalam program pasar bahagia berdasarkan hasil wawancara dan hasil data yang diperoleh peneliti menunjukkan adanya peningkatan jumlah jamaah setelah adanya program pasar bahagia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pasar Bahagia en_US
dc.subject Masjid en_US
dc.title STRATEGI MENIGKATKAN JAMAAH MELALUI PROGRAM PASAR BAHAGIA MASJID MUNZALAN MUBARAKAN JALAN AMPERA PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account