Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi pemasaran pada Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) yang menjual es bubble dan pentol kuah, dengan fokus khusus pada bauran
pemasaran (Marketing Mix) 4P yaitu produk, harga, tempat, dan promosi yang diterapkan oleh
UMKM di Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan
studi kasus yang menghasilkan data deskriptif yang disajikan dalam bentuk tulisan. Sumber data
penelitian ini diperoleh melalui teknik Purposive Sampling, dan penulis mengumpulkan data
dengan melakukan kunjungan langsung ke lokasi UMKM yang menjual es bubble dan pentol kuah
di Pontianak Selatan, melakukan wawancara langsung dengan penjual es bubble dan pentol kuah,
serta mengamati kegiatan penjualan yang sedang berlangsung.
Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat beberapa pembahasan dalam penelitian ini, yaitu
Strategi, Kendala, dan Solusi yang dilakukan oleh UMKM yang menjual es bubble dan pentol
kuah. Strategi produk melibatkan inovasi dalam variasi rasa, kemasan, dan pengolahan setiap
penjualan. Strategi harga yang diterapkan adalah memberikan bonus setiap pembelian sepuluh es
bubble atau pentol kuah. Dalam strategi tempat, lokasi penjualan mungkin sama, tetapi setiap
penjualan memiliki cara pelayanan yang unik. Sedangkan strategi promosi melibatkan potongan
harga, spanduk, dan media sosial, meskipun beberapa penjual menghadapi keterbatasan dalam
memanfaatkan media digital karena tingkat literasi digital yang masih rendah di masyarakat.
Meskipun menghadapi kendala penjualan yang sama pada lokasi, para penjual es bubble dan
pentol kuah masih dapat menemukan solusi dan alternatif dengan melakukan inovasi dalam
meningkatkan layanan dan produk, memaksimalkan bahan baku mereka agar memiliki
keunggulan dari penjualan yang sama.