Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi
STP (Segmenting, Targeting, Positioning) di Bingke Alfajar Pontianak.
Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
triangulasi dan memberchek. Data yang diperoleh adalah hasil wawancara
peneliti bersama pemilik dan karyawan Bingke Alfajar. Penelitian ini
dilakukan langsung dikediaman pemilik Bingke Alfajar yang beralamat Jalan
Adisucipto Nomor 155B Kota Pontianak.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.) Bingke Al Fajar
dalam menentukan segmentasi pasar pada penjualan produk kue Bingke
mengelompokkan segmentasi dalam tiga elemen Geografis, Demografis, dan
berdasarkan Psikografis pada konsumen. 2.) Bingke Alfajar dalam
menentukan targeting pasar pada penjualan produk kue Bingke ditargetkan
seluruh kalangan masyarakat Pontianak. 3.) Dalam memposisikan produk kue
Bingke terhadap konsumen yang dilakukan Bingke Alfajar dengan
mengdepankan keunggulan kualitas, rasa, dengan harga produk yang mudah
dijangkau dan sesuai dengan harga pasar pada umumnya. dengan
ditetapkannya strategi pemasaran yang terarah akan dapat membantu
perusahaan Bingke Alfajar dalam menyampaikan produk kepada konsumen
sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya yang salah satunya adalah dengan
cara menerapkan strategi segmentasi, targeting, positioning.