Abstract:
Penelitian ini membahas tentang strategi promosi dodol nanas merek SIJANK dalam meningkatkan brand awareness melalui media sosial. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui media yang digunakan dalam promosi
produk dodol nanas merek SI-JANK dalam meningkatkan brand awareness,
bagaimana perkembangan brand awareness produk dodol nanas merek SI-JANK
melalui media sosial, dan hambatan yang terjadi saat melakukan strategi promosi
dodol nanas merek SI-JANK dalam meningkatkan brand awareness melalui media
sosial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Teknik
pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan validitas dan
pengujian kredibelitas data. Data yang diperoleh adalah hasil dari wawancara
peneliti bersama pemilik dan konsumen produk dodol nanas merek SI-JANK.
Penelitian ini dilakukan di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas,
Provinsi Kalimantan Barat.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwasannya dodol nanas merek SIJANK menggunakan strategi penjualan yang terdiri dari Iklan (advertising),
Penjualan tatap muka (personal selling), Publisitas (publicity), Promosi Penjualan
dan Direct Marketing. Perkembangan brand awareness melalui media sosial juga
mempunyai hasil yang baik, dimana konsumen dapat mengenal dan mengingat
merek dodol nanas SI-JANK. Hambatan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu
hambatan internal dan eksternal.