Abstract:
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Personal
Selling Melalui Multi Level Marketing BC 5 HNI HPAI di Gg. Tiong
Kandang 2 Pontianak dalam Meningkatkan Penjualan Produk, dengan sub
tujuan di antaranya: Untuk mengetahui cara BC 5 Pontianak HNI – HPAI
dalam merencanakan Personal Selling, melaksanakan Personal Selling, dan
dalam melakukan evaluasi terhadap Personal Selling yang dilakukan demi
meningkatkan penjualan produk melalui Multi Level Marketing (MLM).
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber datanya utamanya ialah Ibu Wagiyah dan Bapak Kamarudin selaku
owner dari BC 5 HNI HPAI Pontianak. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis data model interaktif.
Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu, memperpanjang waktu
pengamatan, member check (pengecekan anggota), dan triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, cara BC 5 HNI – HPAI Pontianak
dalam merencanakan Personal Selling ialah melakukan pembekalan pada
para agen mengenai cara penyampaian tentang kehalalan produk serta sistem
poin dan bonus yang berbasis syariah. Kedua, cara BC 5 Pontianak
melaksanakan Personal Selling dengan sistem PCA (Pakai, Cerita, Ajak),
sebagai agen tidak hanya sekedar mengembangkan jaringan namun wajib
memakai produk HNI dan merasakan manfaatnya langsung, barulah
menceritakannya kepada calon costumer, jika costumer tertarik dengan
produknya, ajak untuk menjadi member dengan menawarkan bonus maupun
potongan harga, serta keuntungan lain yang di dapat saat menjadi agen HNI
HPAI. Ketiga, cara BC 5 Pontianak mengevaluasi Personal Selling dengan
melakukan pelurusan pikiran dan niat agar tidak hanya untuk berbisnis,
namun juga sebagai sarana berdakwah menyiarkan produk halal berkualitas.
Untuk pengawasan dan evaluasi, hal terpenting yaitu memastikan agar para
agen dapat melaksanakan PCA dengan lancar.