Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: Pertama, untuk
mengetahui aktivitas humas pada publik internal Masjid Ismuhu Yahya.;
Kedua, untuk mengetahui aktivitas humas pada publik eksternal Masjid
Ismuhu Yahya.; Ketiga, untuk mengetahui aktivitas humas dalam
membangun citra positif Masjid Ismuhu Yahya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data utama penelitian
dari ketua bidang Humas, ketua bidang Badan Pondok Digital, staf Human
Capital, dan Instagram Masjid Ismuhu Yahya sedangkan data sekunder
peneliti dapatkan dari berita yang publish oleh media luar tentang Masjid
Ismuhu Yahya. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data peneliti
menggunakan Teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Aktivitas Humas pada publik
internal Masjid Ismuhu Yahya (Human Relations dan Donatur Relations)
sudah berjalan dengan baik dengan mengadakan lomba 17 Agustus untuk
para Staf dan kegiatan Santri Bahagia untuk para Santri, serta menjadi
perantara komunikasi dan berkolaborasi dengan manager dalam
menyelesaikan persoalan Masjid Ismuhu Yahya. Kedua, Aktivitas Humas
pada publik eksternal (Press Relations, Government Relations, Community
Relations, Costumer Relations dan Consumer Relations) sudah berjalan baik
dengan mengundang dan menjamu para media dan pemangku jabatan daerah
pada kegiatan-kegiatan besar Masjid Ismuhu Yahya, mengadakan event-event
seperti Pasar Bahagia, Hadiah Untuk Pejuang nafkah, Satnite Series, SMASH
dan KUTTAB untuk para masyarakat setempat, dan memberikan pelayanan
terbaik untuk jamaah dan pelanggan. Ketiga, Melalui program-program
tersebut berhasil membentuk citra positif untuk Masjid Ismuhu Yahya
dipandangan masyarakat setempat dan masyarakat luar.