Abstract:
Tujuan peneliti ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan
strategi komunikasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
PAI (studi pada siswa kelas v SD Negeri 3 Segedong) 2) juga untuk
mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi guru dalam
menyampaikan materi pembelajaran PAI (studi pada siswa kelas v
SD Negeri 3 Segedong) 3) dan untuk mengetahui evaluasi strategi
komunikasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI
(studi pada siswa kelas v SD Negeri 3 Segedong).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode
deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah guru sebagai
pengajar dalam pembelajaran (formal). Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis dari penelitian ini menggunakan analisis data
interaktif yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan
data yaitu menggunakan perpanjangan observasi, trigulasi dan
member check.
Hasil penelitian yang dilakukan yakni mengambarkan bahwa
strategi komunikasi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun
tahapan yang dilakukan yaitu: pertama, perencanaan yakni
menyiapkan melakukan rapat koordinasi, menyiapkan RPP,
menyiapkan jadwal/waktu pelaksanaan, menyiapkan materi,
menyiapkan bahasa yang akan digunakan yaitu bahasa Indonesia,
persiapan perencanaan satu bulan sebelum pelaksanaan
menyampaikan materi pembelajaran. Kedua, pelaksanaan dalam
menyampaikan materi pembelajaran menggunakan konsep
komunikasi pembelajaran, menggunakan strategi komunikasi
(interpersonal), dalam menyampaikan materi pembelajaran jadwal
atau waktu pukul 07:00-08:45, komunikasi kelompok (antarpribadi)
baik itu dalam bentuk verbal atau nonverbal, proses komunikasi
secara primer dan proses komunikasi secara sekunder, serta metode
komunikasi. Ketiga evaluasi dalam menyampaikan materi
pembelajaran menggunakan tes, pengukuran dan penilaian.