Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Strategi Humas Bank
Kalbar dalam membangun citra positif, 2) Peran strategis yang
diimplementasikan Bank Kalbar dalam pembentukan citra positif di benak
kalayak, dan 3) Faktor keberhasilan Bank Kalbar dalam membangun citra
positif. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di Kantor Pusat Bank Kalbar
Kota Pontianak dengan suber data ketua devisi humas Bank Kalbar.
Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
mendalam, observasi, lansung dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
dengan mereduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah keikutsertaan dan
triangulasi serta pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Strategi humas
dalam membangun citra dilakukan dengan berbagai program terencana yakni a)
Komunikasi tanpa batas, b) Pengaktifan mobil keliling, c) Penempatan ATM
Bank Kalbar di berbagagai sudut kota dan di pelosok desa, d) Layanan
Elektronik Mobile Banking Bank Kalbar, e) Call Customer 2.,Implementasi
peran strategis Bank Kalbar dalam pemebentukan citra positif di benak
khalayak dengan membuat kegiatan a) Car free day yang dilakukan seminggu
sekali oleh staf dan nasabah b) Jalan santai, c) Donor darah yang bekerja sama
dengan pihak PMI dan d) Coffe morning ketika mengadakan dengan client, e)
Talk show, f) Presentasi g) Open table dan h)Mini ghatering. 3. Faktor
keberhasilan dalam membangun cintra positif adalah a) SDM Sumber Daya
Manusia, b) Produk yang di buat olek Bank Kalbar, dan c ) Cakupan Layanan
yang dilakukan Bank Kalbar sesuai dengan SOP Standar Operasional Prosedu,
d) Co, branding/join promo, e) Optimalisasi Mobile banking dan f) Tes
pegawai yang akan bekerja.