Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi interpersonal
guru dalam membentuk karakter anak di madrasah Diniyah Raudhatul
Qur’an Al-Irsyadi Kabupaten Mempawah. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu anak didik kelas Safir A dan I
Madin dalam pembentukan karakter anak di Madrasah Diniyah
Raudhatul Qur’an Al-Irsyadi. Peneliti menggunakan teknik observasi
langsung, wawancara dan teknik dokumentasi. Dari data tersebut
peneliti analisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data,
reduksi data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian terlaksana dengan baik melalui:
pertama, berkomunikasi secara langsung yang dilakukan untuk melihat
perkembangan anak karakter anak didik. Kedua, metode dialog
dilakukan oleh guru setiap kegiatan belajar agar anak didik memiliki
rasa ingin tahu. Ketiga, guru menjelaskan materi kepada para anak
didik untuk di dengar,disimak agar anak didik bisa menangkap apa yang
dijelaskan oleh guru.