Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pola
komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam proses belajar online
(2) bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan
anak dalam proses belajar online, (3) apa saja hambatan dalam komunikasi
interpersonal antara orang tua dan anak dalam proses belajar online.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah
ibu dan anak di Dusun Selangkin yang terdiri dari 2 RT dimana masingmasing dari RT tersebut diambil 5 orang dari RT 07 dan 5 orang lainnya
diambil dari RT 05. Teknik penetapan narasumber menggunakan
purposive sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah:
Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti
meenyimpulkan bahwa: 1). pola komunikasi yang sering digunakan adalah
authoritative yakni tetap memberikan kebebasan kepada anak dengan
pengawasan yang seimbang. 2). Orang tua sendiri menyadari bahwa
komunikasi sangat penting dan berpengaruh bagi perkembangan anak di
dunia pendidikan namun banyak juga orang tua yang sadar dengan
perannya namun tidak mampu merealisasikannya dalam mendidik anak.
3). Hambatan seperti kurangnya pemahaman orang tua, serta emosi anak
yang belum stabil. Maka dari itu, sikap bijaksana dari orang tua sangat
diharapkan ketika berkomunikasi dengan anak, khusunya dalam kegiatan
belajar.