Abstract:
Berbicara mengenai strategi komunikasi, tentunya setiap tenaga
pengajar memiliki strategi khusus dalam menumbuhkan minat pada anak
Taman Pendidikan Qur‟an. Begitu juga dengan strategi komunikasi yang
digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
komunikasi persuasif yang diterapkan para pengajar dalam meningkatkan
minat belajar pada anak di TPQ. 2)Untuk mengetahui hambatan
komunikasi persuasif para pengejar untuk mencapai tujuan dalam
meingkatkan minat belajar pada anak di Taman Pendidikan Qur‟an AlMuttaqin di Desa Sarang Burung Danau.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada
dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder,
Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1)Komunikasi persuasif pengajar
TPQ dalam meningkatkan minat belajar pada anak di Taman Pendidikan
Qur‟an Desa Sarang Burung Danau dengan memberikan motivasi kepada
anak TPQ dan memberikan mereka hadit-hadit tentang keutamaan belajar
Qur‟an. 2) Hambatan komunikasi persuasif pengajar dalam meningkatkan
minat belajar pada anak di Taman Pendidikan Qur‟an Desa Sarang Burung
Danau pengajar yang dihadapi oleh pengajar adalah menurunnya semangat
anak-anak untuk belajar mengaji dan tidak konsistennya orangtua untuk
mengantar anak belajar mengaji.