Abstract:
Penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) Metode menghafal al-Qur’an di
Taman Pendidikan Qur’an Baiturrahim. (2) Penerapan metode menghafal alQur’an di Taman Pendidikan Qur’an Baiturrahim.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan sumber data penelitian ketua
lembaga, pengurus, pembimbing/guru. Adapun alat pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, metode menghafal alQur’an yang digunakan di Taman Pendidikan Qur’an Baiturrahim ialah
metode al-Qosimi, sebelum memulai menghafal harus membaca berulangulang ayat yang akan dihafal minimal sepuluh kali, yang mana proses
pelaksanaanya dengan sistem talaqqi dan takrir. Kedua, Penerapan metode
menghafal al-Qur’an di Taman Pendidikan Qur’an Baiturrahim ialah
mentalaqqikan hafalan baru setelah proses belajar al-Qur’an yang dilakukan
secara individu kepada ustadz dan ustadzah, hal ini dilakukan secara
bergiliran maju satu persatu kedepan dengan membawa buku penghubung
untuk mencatat batas hafalan baru yang disetorkan. Sedangkan untuk
penerapan takrir al-Qur’an terdapat dua langkah yang dilakukan yaitu takrir
bil jama’ah dan takrir bin nafsi. Takrir bil jama’ah dilakukan di awal setelah
membaca doa belajar dan diakhir pembelajaran sebelum hendak pulang.
Sedangkan takrir bin nafsi dilakukan setelah proses talaqqi hafalan baru
kepada ustadzah.