Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) Pengetahuan masyarakat
tentang informasi produk melalui e-wom; 2) Keputusan Masyarakat dalam
melakukan transaksi online di Tiktok Shop; 3) Dampak Electronic Word of
Mouth terhadap keputusan masyarakat dalam melakukan transaksi di Tiktok
Shop.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan metode deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan dari data
primer dan sekunder. Data primer yaitu dari 8 informan yang biasa bertransaksi
di Tiktok Shop sedangkan data sekunder yaitu dari buku, jurnal, dan dokumen
yang berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu
menggunakan observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang didapatkan dari sumber data primer dan sekunder,
kemudian dilakukan reduksi data dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian,
kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel. Setelah itu, dilakukan pengecekan
kembali data yang diperoleh dari sumber data (member check).
Berdasarkan dari analisis yang dilakukan, peneliti mendapatkan
kesimpulan dari hasil penelitian ini 1) Pengetahuan masyarakat tentang
informasi produk yang disampaikan melalui e-wom sudah cukup jelas; 2)
Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, masyarakat memutuskan untuk
lebih memilih Tiktok Shop sebagai media untuk melakukan transaksi online; 3)
E-WOM ini sendiri berdampak terhadap keputusan masyarakat dalam
melakukan transaksi online, dampak ini berakibat terhadap rasa percaya dan
instensitas mereka belanja online di Tiktok Shop.