Abstract:
Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh citra
perusahaan/produsen terhadap keputusan pembelian jilbab oleh Mahasiswi Prodi
Ekonomi Syariah Angkatan 2019 dan 2020 IAIN Pontianak. 2) Pengaruh citra
produk terhadap keputusan pembelian jilbab oleh Mahasiswi Prodi Ekonomi
Syariah Angkatan 2019 dan 2020 IAIN Pontianak. 3) Pengaruh citra pemakaian
terhadap keputusan pembelian jilbab oleh Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah
Angkatan 2019 dan 2020 IAIN Pontianak. 4) Pengaruh citra perusahaan, citra
produk dan citra pemakaian secara simultan dan parsial terhadap keputusan
pembelian jilbab oleh Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2019 dan
2020 IAIN Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada
responden. Analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda,
uji hipotesisnya menggunakan koefisien determinasi (R2), pengujian secara
simultan (uji f) dan parsial (uji t). Data yang digunakan oleh peneliti adalah data
primer kemudian diolah menjadi data sekunder yang meliputi citra produsen, citra
produk, citra pemakaian dan keputusan pembelian. Pengujian data juga dilakukan
dengan bantuan aplikasi SPSS 10 dan aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Variabel citra produsen berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal tersebut karena nilai
probabilitasnya sebesar 0,0273 < 0,05. 2) Variabel citra produk berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal tersebut karena nilai
probabilitasnya sebesar 0,0247 < 0,05. 3) Variabel citra pemakaian berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal tersebut karena nilai
probabilitasnya sebesar 0,0396 < 0,05.. 4) Variabel citra produsen, citra produk
dan citra pemakaian berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan
pembelian. Hal ini karena probabilitas (f-statistik) sebesar 0,0002< 0,05.