Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perilaku konsumtif
masyarakat Muslim dan non-Muslim di Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila
Kabupaten Landak dalam berbelanja menjelang hari raya keagamaan; 2)
Faktor-faktor yang menarik perilaku konsumtif masyarakat Muslim dan nonMuslim Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila dalam berbelanja menjelang
hari raya keagamaan.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) bersifat
deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data
primer dalam penelitian adalah para konsumen Muslim dan non-Muslim dari
berbagai kalangan Dusun di Desa Sidas. Data sekunder diperoleh dari bukubuku, jurnal penelitian atau skripsi, artiket dan dokumen yang berkaitan dengan
objek penelitian. Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara
dengan tujuh orang Muslim dan tujuh orang non-Muslim dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini di antaranya: 1) Pola
konsumtif menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal sama-sama berperilaku
konsumtif. Seluruh masyarakat Muslim maupun non-Muslim di Desa Sidas
yang diteliti oleh peneliti sangat berantusias dalam menyambut hari raya,
Masyarakat berbondong-bondong membeli barang-barang baru untuk keperluan
mereka dalam menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal, seperti baju baru
berbelanja kue, merenovasi rumah atau mendekorasi rumah. 2) Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Muslim dan non-Muslim
Desa Sidas setelah melihat perilaku konsumtifnya di antaranya: kebudayaan,
faktor sosial, faktor pribadi yang paling utama.