ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DALAM BERBELANJA MENJELANG HARI RAYA KEAGAMAAN DI DESA SIDAS KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Nurjannah, Syamratun
dc.contributor.author Fitri, Dina Arista
dc.date.accessioned 2023-10-04T03:07:01Z
dc.date.available 2023-10-04T03:07:01Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3845
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perilaku konsumtif masyarakat Muslim dan non-Muslim di Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak dalam berbelanja menjelang hari raya keagamaan; 2) Faktor-faktor yang menarik perilaku konsumtif masyarakat Muslim dan nonMuslim Desa Sidas Kecamatan Sengah Temila dalam berbelanja menjelang hari raya keagamaan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian adalah para konsumen Muslim dan non-Muslim dari berbagai kalangan Dusun di Desa Sidas. Data sekunder diperoleh dari bukubuku, jurnal penelitian atau skripsi, artiket dan dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan tujuh orang Muslim dan tujuh orang non-Muslim dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini di antaranya: 1) Pola konsumtif menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal sama-sama berperilaku konsumtif. Seluruh masyarakat Muslim maupun non-Muslim di Desa Sidas yang diteliti oleh peneliti sangat berantusias dalam menyambut hari raya, Masyarakat berbondong-bondong membeli barang-barang baru untuk keperluan mereka dalam menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal, seperti baju baru berbelanja kue, merenovasi rumah atau mendekorasi rumah. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat Muslim dan non-Muslim Desa Sidas setelah melihat perilaku konsumtifnya di antaranya: kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi yang paling utama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Konsumen Muslim en_US
dc.subject Konsumen non-Muslim en_US
dc.subject Berbelanja en_US
dc.subject Hari raya Idul Fitri en_US
dc.subject Hari raya Natal en_US
dc.title ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM DAN NON MUSLIM DALAM BERBELANJA MENJELANG HARI RAYA KEAGAMAAN DI DESA SIDAS KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account