Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi dalam mengembangkan
usaha di tengah maraknya usaha berbasis online pada usaha Keripik Mak Ros Jaya
Abadi Pontianak Barat; 2) peluang dan tantangan usaha Keripik Mak Ros Jaya Abadi
Pontianak Barat dalam menjalankan usaha berbasis offline ditengah maraknya usaha
berbasis online.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yaitu manager dan sales Keripik Mak
Ros dan data sekunder yaitu buku-buku, jurnal, artikel, skripsi yang berkaitan dengan
penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Dan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi
dan membercheck
Hasil diperoleh dari penelitian diantaranya: 1) Strategi offline yang diterapkan
oleh keripik Mak Ros dalam mengembangkan usahanya sangat berjalan baik. Strategi
pengembangan usaha offline, hal yang mendasari adalah owner yang membuat suatu
kebijakan strategi berupa strategi offline atau direct celling. 2) Kekuatan usaha ini
adalah dengan adanya konsep direct celling. Kelemahan usaha ini yaitu owner pernah
melakukan segala cara namun juga merasakan kegagalan. Peluang usaha ini yakni
berhasil menciptakan sesuatu kebijakan yang berdampak besar yaitu dengan
konsistensi terhadap konsep direct celling. Dengan konsep tersebut produk keripik
Mak Ros sukses melakukan promosi di hadapan negara-negara tetangga. Ancaman
usaha ini yaitu owner melakukan sesuatu hal yang cerdas dan jeli dalam melihat
segala tantangan baik dari bahan baku maupun keadaan para pekerja dilapangan
(sales).