Abstract:
Salah satu model bisnis internet marketing online yang berkembang saat
ini dikenal dengan istilah Droship. Dropship adalah sistem dan pola bisnis yang
populer terutama sejak kemunculan dunia digital internet. Pola dropship, ada
banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, dropship dan konsumen atau
pembeli. Secara garis besar pelaku dropship ini memiliki upaya penjualan suatu
produk tanpa harus memiliki produk apapun,
Berdasarkan pemaparan dan uraian latar belakang diatas, yang menjadi
fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi mahasiswa program studi
ekonomi syariah tentang konsep jual beli online melalui mekanisme dropshipper?
(2) Bagaimana preferensi mahasiswa program studi ekonomi syariah tentang
konsep jual beli online melalui mekanisme dropshipper? (3) Apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa program studi ekonomi syariah
untuk bisnis online dengan mekanisme dropshipper? dan 4) Apa saja faktor-faktor
yang mempengaruhi preferensi mahasiswa program studi ekonomi syariah untuk
bisnis online dengan mekanisme dropshipper ?
Untuk menjawab permasalahan diatas penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari informan
(mahasiswa) Prodi Ekonomi Syariah yang memiliki usaha online. Data yang
didapat kemudian diolah dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan.
Berdasarkan teknik pengumpulan dan pengolahan dari data diatas,
kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Persepsi mahasiswa program studi
ekonomi syariah tentang konsep jual beli online melalui mekanisme dropshipper,
jual beli dropshipper merupakan salah satu jual beli yang dilakukan dimana
penjual menjual produk dan persediaanya (stok barang) nya milik orang lain. 2)
Preferensi mahasiswa program studi ekonomi syariah tentang konsep jual beli
online melalui mekanisme dropshipper, mayoritas informan menyukai dan puas
dengan menggunakan sistem dropship, dalam melakukan jual beli online 3).
Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa program studi ekonomi
syariah untuk bisnis online dengan mekanisme dropshipper, yaitu: Kualitas
Produk,Adanya Jaminan, dan Pelayanan dan 4) Faktor-faktor yang mempengaruhi
preferensi mahasiswa program studi ekonomi syariah untuk bisnis online dengan
mekanisme dropshipper, yaitu: 1) Faktor Sosial, dan 2) Faktor Psikologis
(Motivasi).