Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan
layanan bimbingan konseling individual pada masa covid-19 di kelas x Madrasah
Aliyah 2 ( MAN 2 ) Pontianak (2) untuk mengetahui apa saja kendala pelaksanaan
layanan Bimbingan Konseling Individual pada masa covid-19 di kelas X
Madrasah Aliyah 2 ( MAN 2 ) Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan reduksi
data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan dan
keabsahan data.
Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Penerapan konseling individual untuk
mengatasi masalah siswa disaat pandemi covid-19 dengan menggunakan aplikasi
WhatsAap jadi siswa yang bermasalah dihubungi secara langsung dan diberikan
nasihat dan motivasi. Disaat masa pandemi seperti ini mungkin lebih efektif
menggunakan bimbingan konseling individual, sejauh ini masalah yang sering
dilakukan siswa pada saat pandemi masalah kehadiran yang lebih banyak.
Saat masuk tatap muka ternyata dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa
tersebut lebih menyukai tatap muka dibandingkan pembelajaran daring. (2)
Kendala pelaksanaan pada masa pandemi juga dirasakan oleh guru karena harus
menyesuaikan dengan keadaan siswa dan harus memberikan layanan bimbingan
konseling yang menyenangkan, harus kreatif agar siswa tidak merasa bosan dalam
pembelajaran saat pandemi.