Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan
problem focused coping pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2) Untuk
mengetahui tingkat stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 3)
Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan Problem focused
coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian
ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala problem focused coping
dengan koofesiensi reliabilitas α = 0,917 dan skala stres akademik dengan koofesiensi
realibilitas α = 0,928. Populasi pada penelitian ini yaitu 591 dengan karakteristik
mahasiswa baru yang aktif angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
(FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan rentang usia 18-21 tahun.
Kemudian setelah dilakukan screaning untuk menentukan kategorisasi maka sampel
pada penelitian ini berjumlah 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan uji asusmi berupa uji normalitas, uji linieritas
dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan sebagai berikut: 1) Tingkat kemampuan problem focused coping pada
mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berada pada kategori sedang dengan jumlah
subjek sebanyak 65 orang dengan presentase sebesar 76%. 2) Tingkat stres akademik
pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak didapatkan hasil sebanyak 60 subjek
dengan presentase 70% tergolong pada kategori sedang. 3) Terdapat hubungan antara
kemampuan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru
angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak. Hasil analisis data mendapatkan nilai koofesien korelasi
antara kemampuan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa
baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak sebesar -0,382 dengan signifikansi 0,000. Nilai tersebut
menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kemampuan problem focused coping
dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.