HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2022 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Amalia, Kiki
dc.contributor.author Wahyuni, Rika
dc.date.accessioned 2023-09-27T03:34:48Z
dc.date.available 2023-09-27T03:34:48Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3794
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan problem focused coping pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2) Untuk mengetahui tingkat stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan Problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala problem focused coping dengan koofesiensi reliabilitas α = 0,917 dan skala stres akademik dengan koofesiensi realibilitas α = 0,928. Populasi pada penelitian ini yaitu 591 dengan karakteristik mahasiswa baru yang aktif angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dengan rentang usia 18-21 tahun. Kemudian setelah dilakukan screaning untuk menentukan kategorisasi maka sampel pada penelitian ini berjumlah 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan uji asusmi berupa uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Tingkat kemampuan problem focused coping pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berada pada kategori sedang dengan jumlah subjek sebanyak 65 orang dengan presentase sebesar 76%. 2) Tingkat stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak didapatkan hasil sebanyak 60 subjek dengan presentase 70% tergolong pada kategori sedang. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Hasil analisis data mendapatkan nilai koofesien korelasi antara kemampuan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak sebesar -0,382 dengan signifikansi 0,000. Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan negatif antara kemampuan problem focused coping dengan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2022 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problem Focused Coping en_US
dc.subject Stres Akademik en_US
dc.title HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU ANGKATAN 2022 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account