Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Penggunaan media
pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini
di TK Al-Adabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023; 2) Keterampilan Berbahasa
anak usia dini terhadap penggunaan media audio visual di TK Al-Adabiy Pontianak
Tahun Ajaran 2022/2023; 3) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran
berbasis audio-visual terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di TK AlAdabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan
Quasi Eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Grup Design. Sumber data
penelitian ini yaitu sampel kelas B2 dan B3 TK Al-Adabiy Pontianak. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran tes lisan dan observasi
dengan bentuk instrumen checklist. Untuk menganalisis data penelitian, peneliti
menguji normalitas data pretest dan postest kemudian setelah diuji data yang
diperoleh tidak berdistribusi normal akan dilanjutkan dengan uji Non parametrik U
Man Whitney.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan
media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap perkembangan keterampilan
berbahasa anak usia dini di TK Al-Adabiy Pontianak telah dilaksanakan dengan
sangat baik yang diamati langsung oleh peneliti dan memiliki nilai persentase
sebesar 90%. Langkah-langkahnya dimulai dari guru menampilkan video
pembelajaran “Alam Semesta” kemudian pemberian soal lisan untuk mengetahui
tujuan ketercapaian pembelajaran; 2) Pada kelas eksperimen memiliki nilai ratarata pretest sebesar 5,09 dan nilai rata-rata postetst sebesar 8,38. Sedangkan dikelas
kontrol dengan nilai rata-rata postetst sebesar 5,00 dan nilai rata-rata posttest
sebesar 5,69; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media
audio-visual terhadap keterampilan berbahasa (menyimak) anak di TK Al-Adabiy
Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. hal ini berdasarkan hasil analisis
NonParametrik U Man Whitney menggunakan Software SPSS 29, dilihat dari nilai
sig. 0,001 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat
pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect
Size 6,72.