PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK AL-ADABIY PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Indah, Nur
dc.date.accessioned 2023-09-26T03:23:54Z
dc.date.available 2023-09-26T03:23:54Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3781
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di TK Al-Adabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023; 2) Keterampilan Berbahasa anak usia dini terhadap penggunaan media audio visual di TK Al-Adabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023; 3) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di TK AlAdabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan Quasi Eksperimen dengan desain Nonquivalent Control Grup Design. Sumber data penelitian ini yaitu sampel kelas B2 dan B3 TK Al-Adabiy Pontianak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran tes lisan dan observasi dengan bentuk instrumen checklist. Untuk menganalisis data penelitian, peneliti menguji normalitas data pretest dan postest kemudian setelah diuji data yang diperoleh tidak berdistribusi normal akan dilanjutkan dengan uji Non parametrik U Man Whitney. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap perkembangan keterampilan berbahasa anak usia dini di TK Al-Adabiy Pontianak telah dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh peneliti dan memiliki nilai persentase sebesar 90%. Langkah-langkahnya dimulai dari guru menampilkan video pembelajaran “Alam Semesta” kemudian pemberian soal lisan untuk mengetahui tujuan ketercapaian pembelajaran; 2) Pada kelas eksperimen memiliki nilai ratarata pretest sebesar 5,09 dan nilai rata-rata postetst sebesar 8,38. Sedangkan dikelas kontrol dengan nilai rata-rata postetst sebesar 5,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 5,69; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media audio-visual terhadap keterampilan berbahasa (menyimak) anak di TK Al-Adabiy Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. hal ini berdasarkan hasil analisis NonParametrik U Man Whitney menggunakan Software SPSS 29, dilihat dari nilai sig. 0,001 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect Size 6,72. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Audio-Visual en_US
dc.subject Keterampilan Berbahasa en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK AL-ADABIY PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account