Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak
dalam mengenal huruf hijaiyah, tidak dapat membedakan huruf yang satu
dengan huruf yang lainnya, pengucapan huruf yang salah. oleh sebab itu cara
untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak ialah
dengan menggunakan metode bernyanyi dan upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang lebih efektif dan efesien.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, adapun sumber data peneliti untuk mengetahui kemampuan
membaca huruf hijaiyah pada anak yaitu guru kelas B1 di TK Al-Adabiy.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan alat pengumpulan data
yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa yang pertama adalah upaya guru dalam meningkatkan kemampuan
mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun dengan metode bernyanyi
cukup baik, anak sudah mampu mengenal huruf-huruf hijaiyah, anak sudah
mampu menyebutkan huruf hijaiyah, melafalkan huruf hijaiyah secara urut,
serta melafalkan huruf hijaiyah secara acak. Yang kedua bahwa dengan
adanya penerapan metode bernyanyi yang dibuat guru maka penerapan yang
dilaksanakan itu bisa berhasil, apabila guru sering melatih dan terus
mengulang-ulang nyanyian huruf hijaiyah maka anak-anak lebih cepat
mengenal huruf hijaiyah.