Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan
berbicara peserta didik sebelum menggunakan metode Story Telling di TK
Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024 (2) Untuk mendeskripsikan proses
penerapan metode Story Telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara
peserta didik di TK Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024. (3) Untuk
mendeskripsikan keterampilan berbicara peserta didik setelah penerapan
menggunakan metode Story Telling di TK Islamiyah tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian
studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru yang merupakan guru kelas
dan guru pendamping kelas B3 dan objeknya adalah 9 anak. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini: )1) Penerapan metode Story Telling dalam meningkatkan
keterampilan berbicara pada aspek bicara di kelompok B3 anak usia 5-6 tahun, guru
menerapkan rangcangan bercerita dengan menggunakan (RPPH) Permen atau Peraturan
Pemerintahan No 58 yang telah di buat untuk membangun kemampuan inisiatif anak
dalam kegiatan belajar yang divariasikan dengan media visual. )2) Penerapan metode
story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak dan sesuai dengan
STPPA (standar tingkat pencapaian perkembangan anak) pada aspek menyimak atas
tindakan di kelompok B3 guru dalam menerapkan bercerita menggunakan tanya jawab
kepada anak tentang isi cerita yang telah disampaikan serta menggunakan media di
gambar buku cerita agar anak dapat lebih paham tentang apa yang guru sampaikan. )3)
Penerapan metode story telling dalam meningkatkan keterampilan berbicara kelompok
B3 guru mengajak anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan bercerita dengan anak
mengajukan beberapa pertanyaan sederhana dalam kegiatan bercerita menggunakan
media gambar cerita dan bernyayi melalui Audio Visual dan Non Visual.